• Home
  • Tahukah kamu?
  • Daftar Re-quest
  • Contact Us
  • Privacy Policy

Thursday, March 16, 2017

RPG: Werewolf/Mafia Card Game (Party Game)

Aaauuuuuuuuuu.... Malam jumat tiba-tiba ana merasa ada kekuatan yang muncul dalam diri ana, kekuatan yang sangat besar dan mengerikan. Mengerikan? Karena bulu di sekujur tubuh ana terasa tumbuh lebat seketika. Bahkan bulu .... Aaaauuuuuuuuuuu.... Ya, suara itu mengingatkan ana pada seekor binatang yang menjadi mitos. Tahukah kamu? Werewolf, pertama kali ana kenal Werewolf mulai di film Twillight. Dimana mereka sangat haus dengan daging terutama manusia bahkan Vampire.

Werewolf Logo
Werewolf Card Logo
Tapi ana nda ngebahas mitos cuk, ana bakal ngebahas salah satu game RPG (Role Playing Game) yang bertema mitos di atas. Permainan psikologis yg bisa dimainkan minimal 7 - unlimited pemain, selama yang main kuat dan sekarang dapat dimainkan secara online maupun offline. Sebenarnya permainan ini tercipta pada tahun 1986 oleh Dmitry Davidoff tapi bukan dengan nama Werewolf melainkan Mafia. Barulah pada tahun 1987 Ted Alspach dan diperkenalkan oleh Bézier Games menciptakan permainan berdasarkan permainan Dmitry yang sekarang kita sebut dengan Werewolf atau Wewe (pelesetan Indonesia). Karena banyak diluar sana yang ngasih tutorial main Wewe info dasar tentang cara main jadi ana akan ngebahas macam-macam game sejenis dan role atau peran yang ada dibanyak game berjenis Wewe ini. Aaauuuuuuuuu.

1. Macam-macam Game Wewe

  • F2F: Werewolf Card Game
    • Permainan Werewolf offline atau saling tatap muka ini lebih seru daripada permainan online, karena kita dapat melihat ekspresi pemain lain dan menerka apabila dia sedang berbohong. Namun memiliki kelemahan yaitu salah satu harus menjadi moderator dan kadang sering terjadi rusuh yg dapat membuat permainan jadi suram. Disini pemain disarankan berjumlah 9 (termasuk moderator) - kartu peran yg kamu punya habis. Untuk mode biasa kadang hanya terdiri dari 5 peran saja, dan untuk pengalaman yang lebih menarik WCG menyediakan sekitar 60 peran.


  • Online: Telegram-Werewolf.bot
  • Telegram: Werewolf.bot
    • Telegram adalah aplikasi media sosial seperti Line, WA, dll. Namun memiliki fitur robot yg dapat mengaturnya menjadi suatu permainan berbasis text salah satunya Werewolf. Disini pemain berjumlah 5 - 35 orang dan ada 28 peran yang disediakan. Ente dapat bermain dibanyak grup dan ada vitur war-nya. Telegram juga tersedia untuk versi PC.
    • Untuk main via smartphone kamu bisa download via G-Play Store dengan key: "Telegram"
    • Untuk main via PC kamu bisa download aplikasinya di sini.


  • Online: Town Of Salem
  • Town Of Salem
    • Selanjutnya adalah Town Of Salem atau TOS. Adalah game browser, tapi kamu juga bisa main di Steam. Disini pemain berjumlah 7 - 15 orang dan ada 33 peran yang disediakan. Punya banyak pilihan tipe permainan, dan tersedia menu market dimana kamu dapat membeli avatar ente sampai cara kematian ente. Namun berbeda dengan WCG pada umumnya, disini penjahat utamanya adalah seorang Mafia yang juga punya tujuan untuk membunuh seluruh warga.
    • Untuk bermain kamu bisa ke website Blank Media Games ini, lalu mendaftar bisa dengan akun Facebook atau G-mail.

2. Role/Peran

Werewolf Cards Role
Ada banyak peran sebenarnya yang diciptakan oleh permainan sejenis Werewolf dan ana mengelompokkannya menjadi 4 tipe yaitu Villager, Werewolf, Mafia, dan Neutral. Villager sendiri punya tujuan untuk menghukum semua yang bersalah. Werewolf dan Mafia sama-sama punya tujuan untuk membunuh seluruh pemain yg menghalanginya. Kemudian Neutral yang punya tujuan sendiri dan kadang menang sendiri pula. Berikut beberapa peran yang ana kumpulkan dari berbagai sumber:
  • Villager
Investigator, Sheriff, Lookout, Spy, Jailor, Vampire Hunter, Veteran, Vigilante, Bodyguard, Doctor, Escort, Mayor, Medium, Retrubutionist, Transporter (TOS). Apprentice Seer, Beholder, Cultist Hunter, Cupid, Cursed, Detective, Drunk, Fool, Guardian Angel, Gunner, Harlot, Hunter, Mason, Seer, Traitor, Villager, Wild Child, Prince/Princess, Blacksmith, Mayor, Clumsy Guy (TW). Aura Seer, The Count, Diseased, V-Idiot, Insomniac, Lycan, Old Hag, Old Man, P.I., Pacifist, Priest, Spellcaster, Tough Guy, Sasquatch, Little Girl, Sentinel, Revealer, Paranomal Investigator (WCG).
  • Werewolf
Werewolf, Alpha Wolf, Wolf CubSorcerer (TW). Big Bad Wolf, Fruit Brute, Wolf Man, Dire Wolf, Leprechaun, Lone Wolf, Dream Wolf, Minion, Mystic Wolf (WCG).
  • Mafia
Disguiser, Forger, Framer, Janitor, Godfather, Mafioso, Blackmailer, Consort, Consigliere (TOS).
  • Neutral
Amnesiac, Survivor, Vampire, Executioner, Jester, Witch, Arsonist, Serial Killer, Werewolf (TOS). Serial Killer, Tanner, Cultist, Doppelganger (TW). Bogeyman, Count Dracula, Cult Leader, Ghost, Martyr, Troublemaker, The Amulet of Protection, Fortune Teller, The Maker, Nostradamus, Chupacabra, Bloody Mary, Hoodlum, Thing, Curator (WCG).

Dan peran paling penting yaitu MODERATOR, tanpa dia permainan tidak mungkin akan terjadi dan kadang Mod dilakukan istimewa kala permainan (pengalaman). Sekian dulu tulisan ane, dilain kesempatan akan ane tulis mengenai peran-peran lebih dalam.  (/yes)

No comments:

Post a Comment